Langsung ke konten utama

strategi pemasaran



Berbagai tips yang ditujukan untuk meningkatkan jumlah penjualan UKM diantaranya adalah Strategi Pemasaran 4P : Product (Produk), Price (Harga), Place (Lokasi) dan Promotion (Promosi).
(1)  Product : Setiap UKM harus bisa menentukan produk apa yang menjadi andalannya dan bagamana cara mengembangkan produk andalannya tersebut. Misalnya dengan menambah varian rasa, varian ukuran, varian bentuk dan juga varian kemasannya. Hal yang paling penting dan krusial yang harus dijaga adalah kualitas dari produk andalan. Seorang UKM jangan pernah melakukan perubahan rasa, bentuk, warna, ukuran dan kualitas tanpa melakukan info atau pemberitahuan ke pelanggan sebelumnya. Karena perubahan produk yang tiba – tida akan menyebabkan pelanggan kecewa dan apabila pelanggan kecewa hal tersebut akan berlanjut dan akan berakibat ke penurunan penjualan.
(2)  Price : Penentuan harga produk sangat menentukan dalam kesuksesan proses penjualan. Harga adalah sejumlah uang yang harus dibayar konsumen untuk mendapatkan sebuah produk atau jasa. Dalam bauran pemasaran, harga merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi  pemasaran suatu produk. Tinggi rendahnya harga selalu menjadi perhatian utama para konsumen saat mereka mencari suatu produk. Sehingga harga yang ditawarkan menjadi bahan pertimbangan khusus, sebelum mereka memutuskan untuk membeli barang maupun menggunakan suatu jasa. Dari kebiasaan para konsumen, dapat disimpulkan bahwa strategi penetapan harga sangat berpengaruh terhadap penjualan maupun pemasaran produk yang ditawarkan.
(3)  Place : Dalam strategi pemasaran, adanya pemilihan lokasi usaha yang strategis menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan pemasaran dari sebuah usaha. Semakin strategis lokasi usaha yang dipilih, semakin tinggi pula tingkat penjualan dan berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah usaha. Begitu juga sebaliknya, jika lokasi usaha yang dipilih tidak strategis maka penjualan pun juga tidak akan terlalu bagus. Untuk itu sebelum Anda memulai sebuha usaha, pilih terlebih dahulu tempat usaha yang paling tepat untuk pemasaran usaha Anda. Lakukan riset dan bandingkan beberapa pilihan tempat sebelum akhirnya Anda menentukan lokasi yang paling strategis bagi usaha Anda.
(4)  Promotion : Kegiatan promosi bisnis merupakan bagian dari strategi pemasaran yang sangat dibutuhkan sebuah usaha, baik usaha kecil maupun usaha yang sudah berkembang besar. Sebelum mengetahui metode ataupun strategi promosi yang sering digunakan para pelaku bisnis, yang dimaksud dengan promosi adalah  kegiatan pendukung strategi pemasaran yang sengaja diadakan untuk mengingatkan para konsumen mengenai produk atau jasa dengan brand tertentu. Strategi-pemasaran-bisnis-ukmStrategi promosi sering digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan permintaan atau penjualan barang dan jasa yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan laba yang diperoleh. Selain itu kegiatan promosi juga memberikan kemudahan dalam merencanakan strategi pemasaran selanjutnya, karena biasanya kegiatan promosi dijadikan sebagai cara berkomunikasi langsung dengan calon konsumen. Sehingga kita dapat memperoleh informasi akurat dari para konsumen, mengenai respon produk yang kita tawarkan. Berikut beberapa manfaat lain dari adanya kegiatan promosi :  Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen. Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk.    Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian  produk hingga sampai ke konsumen.  Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran. Mengetahui strategi promosi yang tepat kepada para konsumen.  Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya. Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal tik kelas viii smester 1 materi mengenal menu dan ikon microsoft word 2007 beserta jawaban

Soal TIK kelas VIII semester 1  materi mengenal menu dan ikon Microsoft word 2007 beserta jawaban  1.perhatikan langkah langkah berikut   (1) pilih all program   (2) pilih Microsoft word 2007   (3) pilih start     Langkah yang tepat untuk membuka Microsoft word adalah .. a.1 3 2 b.2 3 1 c.3 1 2 d.3 2 1 2.fasilitas dibawah initerdapatdalam microsft word 2007, kecuali..ik a.ribbon b.quick launch bar c.building block d.quick styles 3.header and footer,page number adalah fasilitas yang terdapat dalam… a.ribbon b.apply document themes c.document information panel d.building block 4.perintah perintah standar dalam Microsoft word 2007 terdapat dalam… a.office button b.quick access toolbar c.title bar d.windowssize button 5.melalui fasilitas dalam microsoft word 2007 kita dapat mendefinisikan rumus yang kita pakai menggunakan.. a.equation builder b.equation c.formula d.symbol 6.fasilitas yang...

Perbedaan Kamera Nikon dan Canon

Perbedaan Kamera Nikon dan Canon halo kawannn kali ini saya akan menulis tentang perbedaan kamera nikon dengan kamera canon. Merk Canon dan Nikon selalu saling bersaing. Makanya banyak orang yang mencari tahu perbedaan kamera Canon dan Nikon. Oleh karena masih banyak yang bingung apa yang membedakan keduanya. Manakah kamera yang paling bagus? berikut adalah beberapa perbedaan antara kedua kamera tersebut : Kelebihan dan Kekurangan Kamera Nikon Sebelum mengetahui perbedaan antara dua merek kamera populer ini, Anda harus tahu kelebihan dan kekurangan dari masing-masingnya. Baru nanti akan dibahas mengenai perbandingan aspek lainnya seperti lensa, fitur, harga, service center, dan lain sebagainya. Sekarang mari ketahui dulu kelebihan dan kekurangan dari kamera Nikon. Pertama akan dibahas dulu mengenai kelebihannya. Ada 4 buah kelebihan paling utama, antara lain: Bodi Kamera Nikon Solid Oleh karena material untuk bodinya solid maka kamera Nikon lebih tahan banting. ...
CHAIRUL TANJUNG              Chairul Tanjung akrab dengan sapaan “ Chairul Tanjung si Anak Singkong” yang merupakan sebutan bagi masyarakat yang sangat miskin dan kumuh di Jakarta. Ia bersama enam saudaranya tinggal di kamar losmen yang sempit. Chairul Tanjung menempati urutan ke 937 dari 1000 orang terkaya di dunia versi majalah Forbes dengan total kekayaan mencapai 1 miliar USD. Tahun 2004, ia termasuk orang terkaya nomor 375 dunia. Chairul Tanjung lahir di Jakarta pada tanggal 16 Juni 1962. Cahirul Tanjung adalah seorang anak yang lahir dari keluarga sederhana. Ibunya bernama Halimah yaitu seorang wanita suku sunda dan ayahnya berasal dari Sibolga, Sumatera Utara. Ayah Chairul Tanjung dulunya merupakan seorang wartawan pada masa orde lama.   Riwayat pendidikannnya dimuali dari   SD Van Lith, Jakarta (1975), SMP Van Lith, Jakarta (1978), SMA N...